Thursday, May 30, 2013

USAHA YANG TAK PERNAH PUTUS

Nama saya Hj. Sakinah, saya lahir dan besar di Gemel Kec. Jonggat Lombok Tengah, Saya sudah menikah dan mempunyai anak 1 orang.  Saya adalah mantan TKI Arab Saudi tahun 1997-2007 sedangkan suami saya sampai saat ini masih menjadi TKI di Arab Saudi

Setelah menikah saya tidak lagi menjadi TKI,  saya mulai berjualan warung kecil disekitar rumah saya  dimana setiap hasil penjualannya tiap hari tidak mencukupi kehidupan sehari-hari, untuk ada kiriman dari suami saya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi saya tidak patah semangat saya tetap berjualan walaupun masih kecil. Akhirnya pada tanggal 10 Oktober 2010, saya bergabung bersama Jarpuk.

Alhamdulillah saya mulai diberikan pelatihan-pelatihan dan dukungan-dukungan dipihak ASPPUK dan Jarpuk. Banyak teman-teman yang saya kenal, kami sering tukar menukar informasi baik tentang usaha dll. Saya mulai terbuka pikiran saya untuk menambah usaha saya.  Saya punya banyak pengalaman dan pengetahuan dan percaya diri, jujur,  punya keinginan untuk merubah kehidupan . Setelah 2 tahun bergabung dengan ASPPUK-Jarpuk. Saya mulai diajarkan oleh teman-teman di ASPPUK dan Jarpuk bagaimana  membuat   kerajinan tangan  dari sapu lidi yang dinamakan “ingke” dan alhamdulillah ingke ini mulai diminati oleh masyarakat disekitar saya dan mulai ada pesanan-pesanan karena ingke sekarang dipakai untuk pesta-pesta sehingga menambah penghasilan saya setiap bulannya.

Dari hasil pelatihan kerajinan “ingke”, saya kembangkan lagi ke teman-teman dan mengajarkan juga teman-teman di sekolah guna untuk membantu perekonomian masyarakat khususnya perempuan.

ASPPUK dan Jarpuk selalu mendampingi  saya  dimana saya mulai  dikenalkan dengan instansi-instansi pemerintah dan lainnya, sehingga saya sering diajak pelatihan-pelatihan yang sangat bermanfaat dan diberikan sertifikat.  Dimana dalam pelatihan  itu saya diberikan bantuan alat berupa mesin olahan jajanan kering.  Hingga saat ini saya masih selalu dibina oleh ASPPUK-Jarpuk. Saat ini saya sedang membididayakan jamur tiram dan alhamdulillah sangat menambah penghasilan saya setiap harinya. Saya juga diikutkan untuk pelatihan tat rias walaupun dengan biaya sendiri. Di libatkan sebagai Bendahara PKK Desa Gemel Dan sebagai Kader Posyandu..

Mulai dari jualan, bertambah ke ingke dan sekarang budidaya jamur tiram dan pengolahan budi daya jamur tiram  seperti membuat  crispi jamur, sate jamur, dan jajanan kering dari tepung jagung dll. ASPPUK dan Jarpuk selalu membantu saya. Kehidupan saya mulai berubah saya bisa memperbaiki rumah dan tempat usaha dari hasil usaha saya juga uang yang dikirimkan oleh suami saya.  Saya ingin maju dan maju seperti perempuan-perempuan luar biasa lainnya tidak hanya sampai saat ini saja…… untuk seterusnya…………

No comments:

Post a Comment