Thursday, May 30, 2013

SEMANGAT YANG TIDAK PERNAH PUDAR………………………

Nama saya Rehanah, (43 th) saya lahir di Gerantung dan saat ini saya tinggal di rumah sendiri di Gerantung Kel. Gerantung Kec. Praya Tengah  Lombok Tengah dan mempunyai 3 orang anak. Saya punya usaha jual baju keliling ke pasar-pasar di Lombok tengah dan Lombok Timur.

Awalnya saya berkenalan dengan ibu Masnim saya diceritakan tentang ASPPUK dan JarPUK, saya mulai tertarik dan akhirnya pada tanggal 13 Oktober 2010 saya membuat kelompok dan ikut bergabung dengan Jarpuk dan kami bersepakat memberi nama kelompok kami dengan nama KPUK AL-JIHAD. 9 bulan berjalan , kelompok kami mengalami kemajuan. Karena dorongan dan binaan dari pendamping lapangan kami yang begitu tulus ikhlas membina kami. Dan dia tidak pernah jemu atau bosan. Dia selalu memberi motivasi terhadap kelompok binaan (dampingannya). Kami termotivasi dengan adanya pendamping lapangan kami. Dan kebetulan saya seorang pedagang pakaian keliling, jadi saya juga selalu mempromosikan Jarpuk/ASPPUK. Kelompok Al-jihad menggalang keuangan alternatif dengan cara jimpitan beras, 1 orang/minggu/kg beras.

Setelah 9  bulan kelompok kami bisa mengumpulkan  dana sebanyak 4 juta rupiah dan kebetulan waktu itu merupakan hari besar agama islam ( Maulid) dan kelompok kami sepakat untuk membeli sapi dan dagingnya kami bagi-bagikan/dijual kepada anggota  kelompok. Dalam satu sapi kelompok mendapat untung Rp.350.000,- selama 1 bulan. Kelompok kami ini mulai di lihat oleh masyarakat dan mulai tertarik ingin bergabung, akhirnya kelompok kami beranggotakan 20 orang perempuan. Banyak rintangan yang saya hadapi tapi sudah tekad saya harus maju. Di desa lain juga saya ajak membuat kelompok maka ada yang membentuk di Desa Batunyala dan Kel. Sasake. Pihak Kelurahan juga mulai memperhatikan kelompok kami, dan saya selalu dilibatkan dalam Musrenbangkel.

Di Kelurahan gerantung sampai  saat ini sudah terbentuk 15 kelompok dengan jumlah anggota 238 orang PUK. Karena pendamping saya  yang begitu okey, dan dengan melihat  visi dan misi  Bupati Loteng yang menumbuhkan 10.000 wirausaha baru maka kelompok-kelompok juga mulai kami bentuk di desa lainnya. Karena disemua kelompok sudah mempunyai keuangan alternatif masing-masing, dan dengan  kesadaran semua anggota kelompok maka terbentuklah koperasi wanita “Rindang Cahaya” Gerantung  pada tanggal  7 Februari 2012, dan langsung mengurus badan hukumnya pada tanggal 8 Maret 2012.

Banyak pelatihan yang saya ikuti dari Pelatihan Pengorganisasian, Advokasi, Badget Track, Manajemen Usaha, Kewirausahaan, Lokakarya modul dan banyak pertemuan yang diadakan oleh ASPPUK dan JarPUK, juga pelatihan oleh Dinas terkait seperti  Pelatihan AMT, pengolahan pangan, pelatihan manajemen dan administrasi pembukuan alhamdulillah sekarang saya sudah tahu tentang managemen dan administrasi pembukuan dll. Saya juga pernah mengikuti temu bintang di Kupang yang dilaksanakan oleh ACCESS. Pelatihan-pelatihan dan pertemuan tersebuti membuat saya semakain PD (percaya Diri), saya tidak malu-malu melobi ke dinas-dinas di lombok tengah sehingga kalau ada program dan kegiatan pelatihan lainnya dan hasilnya saya dapat bantuan alat pemotong ubi dan penggiling tepung dan kopi. Saya juga memfasilitasi dan mendampingi PUK dan masyarakat untuk melakukan isbat nikah dan sampai keluarnya akta nikah, dan saat ini yang sudah punya akta nikah 65 orang dari Gerantung, 3 orang dari Kel. Tiwugalih, Kel. Jontlak 5 orang.

Saya tidak sampai disitu saja, saya juga belajar membuat ingke dan kerajinan dari bambu. Alhamdulillah setelah 2 bulan saya bisa membuat ingke dan oleh Disperindag  Loteng saya dikirim pelatihan mendesain motif di tingkat provinsi. Dan dari itu saya langsung dipakai sebagai Fasilitator dan yang pernah meminta saya sebagai Fasilitator adalah SD 2 Leneng, SD Galang Bulan Jonggat, dan SD Gerantung dan juga di KPUK-KPUK   di Loteng.
Dengan pengetahuan dan pengalaman yang selalu bertambah dan pendampingan dari ASPPUK dan Jarpuk sehingga kami seperti sekarang ini. Bukan hanya PUK-PUK yang kami ajak dalam kegiatan juga kami ingin anak-anak nya juga ikut berdaya, saya dan teman-teman di Gerantung mencoba mendirikan PAUD namanya AL-Jihad Gerantung, masih banyak kekurangan tapi kami sepakat dengan teman-teman kita tetap jalan walaupun dengan keterbatasan baik dana PAUD sendiri maupun guru-gurunya.

Sekarang saya punya mimpi kedepan , saya ingin punya pusat kerajinan yang ada di rumah kami yaitu kerajinan ingke dan bambu atau sebagai pengumpul dan pemasar hasil produk kerajinan kelompok. Dengan usaha dan usahaaaaaaa terus insyaallah pasti terwujud………


…………………..jangan lupa doanya ya………………..

No comments:

Post a Comment